PKM UNM Persiapan Sekolah “New Normal” Melalui Bantuan Alat Cuci Tangan Portable Sistem Knockdown

EJ201.Dosen Universitas Negeri Makassar (UNM) memberikan bantuan alat cuci tangan portable sistem knockdown pada SMA Insan Cendikia Syech Yusuf, Pattalassang, Gowa. Kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UNM. Pelaksana dari PKM tersebut adalah Dr. Eng. Ismail Rahim, ST. MT. (Ketua) dan Muhammad Iskandar Musa, S.Pd. MT (Anggota) dari Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Makassar.

Kondisi pandemi Covid-19 memaksa para pemangku kebijakan di bidang pendidikan untuk dapat menyesuaikan diri dalam melaksanakan proses pembelajaran. Setelah setahun lebih menjalankan pembelajaran dalam jaringan, pemerintah mulai Menyusun konsep pembelajaran tatap muka terbatas pada daerah-daerah yang memiliki kasus Covid-19 yang sudah melandai.

Ketua pelaksana PKM Dr. Eng. Ismail Rahim, ST. MT menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mendukung kebijakan pemerintah pusat bersama pemerintah daerah serta berbagai pemangku kepentingan pendidikan untuk terus berupaya meningkatkan mutu pembelajaran di Indonesia, termasuk dalam penyiapan pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.

Pembuatan alat cuci tangan portable sistem knockdown terlebih dahulu dilaksanakan pada bulan Agustus 2020, kemudian untuk tahap pelaksanaan kegiatan telah dilakukan pada tanggal 7 September 2021 bertempat di SMA Insan Cendikia Syech Yusuf, Pattalassang, Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan. Bantuan alat cuci tangan portabel sistem knockdown ini diterima langsung oleh Kepala Sekolah SMA Insan Cendikia Syech Yusuf, Mustakim M, S. Kom, M.IKom. bersama-sama dengan guru dan siswa dari SMA Insan Cendikia Syech Yusuf.

Kepala Sekolah SMA Insan Cendikia Syech Yusuf, Mustakim M, S.Kom menyampaikan apresiasi kegiatan PKM ini karena alat alat cuci tangan portabel sistem knockdown akan menjadi sarana pendukung pembelajaran di masa “new normal” khususnya di SMA Insan Cendikia Syech Yusuf yang merupakan sekolah dengan sistem boarding (asrama).AMTA13/10.