Mahasiswa PTO Wakili FT UNM Tembus Pendanaan Program Talenta Inovasi Indonesia TA 2021

EJ201. Program Talenta Inovasi  Indonesia merupakan program pendanaan berupa insentif  yang diberikan kepada mahasiswa baik pada program sarjana,  magister dan doktor dalam mewujudkan inovasi  dan kreatifitas independent yang bermanfaat bagi  masyarakat. Selanjutnya Program Talenta Inovasi  Indonesia ini  juga diberikan sebagai  apresiasi  atas karya inovatif  kreatif mahasiswa baik program sarjana,  magister dan doktor yang mendukung pengembangan Ilmu Pengetahuan Teknologi  dan Seni  ( IPTEKS)  dan bermanfaat untuk masyarakat di tengah kondisi pandemi Covid-19 saat ini.

Tujuan Talenta Inovasi Indonesia diantaranya: (1) menunjang percepatan penyelesaian studi mahasiswa;
mendukung penyelesaian tugas akhir mahasiswa; (2) mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang berbasis pada luaran (output); (3) mengakselerasi prestasi akademik mahasiswa yang kreatif dan inovatif di bidang penelitian/publikasi, pengajaran, pengabdian kepada masyarakat; (4) mendukung aktualisasi “sense of crisis” para mahasiswa dalam rangka membantu menyelesaikan masalah di masyarakat/bangsa.

Tahapan seleksi dari program ini terbilang cukup ketat melalui 2 (dua) tahapan yaitu tahap seleksi administrasi dan tahapan seleksi substansi yang dinilai oleh reviewer nasional. Dari hasil seleksi dan pengumuman akhir terdapat 3 (tiga) mahasiswa Jurusan PTO yang dinyatakan lolos pendanaan gelombang I diantaranya atas nama: Gusdin Shawal, Nurul Azizah Maharani Rustan, dan Bobby Saputra. Raihan ini mengindikasikan kualitas proposal yang diajukan mahasiswa Jurusan PTO tergolong cukup baik dan kompetitif karena dari  5 proposal yang diajukan, terdapat 3 yang dinyatakan lolos dan 1 masih menunggu hasil seleksi gelombang II. Hal ini juga membuktikan bahwa Jurusan PTO  mewakili FT UNM sebagai yang terbanyak meraih pendanaan dalam program Talenta Inovasi Indonesia berdasarkan presentase kelulusan 60 %.

“kami bahagia dan sangat mengapresiasi mahasiswa kami atas pencapaian ini. Tentu raihan tersebut tidak terlepas dari bimbingan dan pembinaan yang dilakukan oleh segenap dosen di Jurusan PTO untuk memotivasi mahasiswa mengikuti kompetisi secara nasional apalagi program ini menunjang studi mahasiswa dan mampu mengangkat IKU institusi kita” ujar Dr. Syafiuddin Parenrengi selaku Kajur PTO. AMTA/21