Meniti Era 4.0 Kepala Sekolah TK/PAUD se-Kecamatan Pattalassang Gowa Dilatihkan Media Pembelajaran Oleh Dosen Fakultas Teknik UNM

EJ201- Kepala Sekolah dan Guru TK/PAUD se-Kecamatan Pattalassang Kab. Gowa mengikuti pelatihan tentang media pembelajaran sebagai bentuk penyesuaian diri dalam perkembangan pembangunan di era 4.0  termasuk di dalamnya pada sektor dunia pendidikan. Kegiatan tersebut bertempat di ruang belajar dan kreatifitas TK Muthmainnah Pattalassang Kabupaten Gowa dan berlangsung selama 3 (tiga) hari, (14-16/09) kemarin.

Pelatihan tersebut merupakan bentuk aktualisasi dari salah satu Program Kemitraan Masyarakat (PKM) UNM tahun 2019 yang dilakukan secara Tim oleh Dosen Fakultas Teknik UNM diantaranya, Dr. M.Yusuf Mappiasse, M.Pd., dan Dr. Syafiuddin Parenrengi, M.Pd. beserta anggotanya.

“Media pembelajaran hakikatnya sebagai sarana meminimalisir pengajaran secara verbal dan lebih atraktif serta menarik bagi peserta didik”, begitu keterangan  Dr. M.Yusuf Mappiasse, M.Pd. dalam pelatihan tersebut yang notabene merupakan peraih gelar Doktor tentang media pembelajaran di Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.

Antusiasme peserta pelatihan ditunjukkan dengan keaktifan dan konsistensi kehadiran selama pelatihan, bahkan melewati target kuota peserta yang disediakan dimana target awalnya hanya sejumlah 20 orang namun bertambah menjadi 28 orang.  “kami perlu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman dan teknologi, karena anak-anak sekarang semakin cerdas dan mudah memahami jika berkaitan dengan teknologi” ungkap Ibu Rusniati, peserta pelatihan yang juga merupakan Kepala Sekolah TK Muthmainnah.

Suasana pelatihan berlangsung santai dan aktif karena memakai metode Learning by Doing yang dipandu langsung oleh anggota tim dari PKM tersebut, serta didukung dengan prasarana ruangan belajar yang cukup nyaman dan memadai mengingat TK Muthmainnah adalah satu-satunya TK di Kecamatan Pattalassang Kab. Gowa berstatus Akreditasi “B”. 

Dr. Syafiuddin Parenrengi, M.Pd. dalam penjelasannya terhadap peserta pelatihan mengungkapkan, perlu adanya sinergitas secara berjenjang dan berkesinambungan untuk melatih para insan pendidikan di TK/PAUD di Kecamatan Pattalassang Kab. Gowa. Jadi kedepan akan terjadwal pelatihan dengan tema yang berbeda sesuai dengan kebutuhan dan permintaan dari Kepala Sekolah dan Guru itu sendiri, karena hal tersebut merupakan bagian dari tanggungjawab pengabdian pada masyarakat yang terkoodinir melalui LP2M Univeritas Negeri Makassar, Imbuhnya.(Ta)