Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Sarjana Terapan D4 Mesin Otomotif

Program studi sarjana terapan D4 Mesin Otomotif Universitas Negeri Makassar merupakan salah satu program studi di bawah unit pengelola program studi (UPPS) Fakuktas Teknik telah berupaya menghasilkan sarjana terapan bidang teknik otomotif yang akan menjadi Ahli Engineer dalam bidangnya dengan mengacu pada KKNI Level 6 atau setara dengan lulusan program S1.

Penguatan sistem pendidikan tinggi vokasi yang digalakkan oleh Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi yang bertujuan meningkatkan peran perguruan tinggi dalam meningkatkan daya saing nasional telah diwujudkan melalui surat edaran Dirjen Kelembagaan Iptek dan Dikti nomor 3936/C.C4/KL/2018, tanggal 25 September 2018, perihal Pengembangan Program Studi Sarjana Terapan Sistem Terbuka atau Multi Entry Multi Exit (MEME) di era Revolusi industri 4.0. Hal inilah yang mendorong Program Studi D4 Mesin Otomotif Fak. Teknik UNM untuk selalu menyesuaikan diri agar lulusan yang dihasilkan senantiasa memiliki kompetensi dan keluwesan dalam menghadapi dinamika dunia kerja dalam lingkup lokal, nasional, maupun global.

Kurikulum 2021 program studi sarjana terapan D4 Mesin Otomotif merupakan hasil evaluasi yang mencoba mendukung dan menopang berbagai dinamika dalam dunia vokasi terkini. Selain itu berusaha menyesuaikan dengan tuntutan dunia kerja serta mengacu pada kebijakan program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang bertujuan untuk memberi kesempatan sebesar-besarnya bagi peserta didik dalam pengembangan minat dan bakatnya. Kurikulum juga sekaligus mengacu pada kaidah kurikulum berbasis luaran (Outcome Based Curriculum) untuk mensinkronkan dengan tuntutan badan akreditasi nasional maupun internasional yang menjamin bahwa program pendidikan pada program studi dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat luas.

Akhirnya kami sangat berharap dengan semangat optimism dan berkeyakinan sepenuhnya bersama seluruh staff pengajar Prodi semoga dengan tersusunnya draf kurikulum Program studi sarjana terapan D4 Mesin Otomotif 2021 ini, dapat menjadi sumbangsih terbaik bagi Program Studi ini dalam upaya menghasilkan sarjana-sarjana ahli terapan yang berkompeten di bidangnya serta memiliki kepribadian prima.

Baca Selengkapnya Disini