TIM PKM Dosen Pendidikan Teknik Otomotif Berikan Pelatihan Diagnosa Motor Injeksi Untuk Keberlanjutan dan Kelancaran Bengkel Sepeda Motor di Desa Laikang

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Tahun 2021 yang dinaungi oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada masyarakat LP2M UNM kembali melakukan pelatihan kepada kelompok Bengkel Sepeda Motor di Desa Laikang, Kecamatan Mangarabombang, Kabupaten Takalar.

Pelatihan ini dilaksanakan di salah satu Bengkel Sepeda Motor yang ada di Desa Laikang, Dusun Pandala. Kegiatan Pelatihan ini di ikuti oleh 10 orang yang terdiri dari pemilik bengkel dan mekanik Sepada Motor yang tergabung dalam kelompok Bengkel Sepeda Motor di Desa Laikang.

Ketua Tim Pengabdi PKM Tahun 2021 Andi Andi Zulfikar Yusuf menjelaskan pengabdian ini dilakukan untuk mengembangkan pengetahuan dan Keterampilan Diagnosa sepeda motor, para pelaku usaha bengkel dan mekanik sepeda motor khususnya Perawatan dan perbaikan sepeda motor dengan teknologi Electronic Control Unit (ECU) atau biasa disebut Motor Injeksi. Kemampuan Diagnosa pada motor injeksi merupakan hal yang sangat penting dan harus dimiliki oleh mekanik sepeda motor di Era Sekarang, karena semua pabrikan motor yang ada di Indonesia tidak memproduksi lagi motor konvensional (Motor Karburator) dan mulai beralih pada motor dengan teknologi Sistem Elektrik.

Pelatihan Diagnosa sepeda motor injeksi dilakukan untuk mengatasi permasalah yang sering dialami oleh bengkel sepeda motor di Desa Laikang, yaitu mekanik belum memahami proses diagnosa motor injeksi dengan baik, sehingga terjadi malfungsi komponen, kerusakan komponen secara berkala dan penggantian komponen yang tidak sesuai, sehingga dapat merugikan pelaku usaha bengekel dan konsumen.

Tujuan kegiatan ini adalah melatih proses Diagnosa motor injeksi dengan baik dan memperkenalkan alat dan penggunaan Multitester motor injeksi.

Manfaat kegiatan pelatihan PKM ini, memberikan pengetahuan dan keterampilan diagnosa motor injeksi dengan baik serta mekanik dapat menggunakan Multitester motor injeksi. Sehingga diharapkan pelaku usaha bengkel sepeda motor dapat meningkatkan pendapatannya.

Menurut Yudi Saputra salah satu peserta yang hadir dalam pelatihan PKM Tahun 2021. Kegiatan Pelatihan ini sangat bermafaat bagi pelaku usaha/mekanik bengkel sepeda motor yang ada di Desa Laikang dan berharap akan terus dilakukan pendampingan oleh Dosen maupun Mahasiswa Otomotif dari UNM.

“Saya sangat berterima kasih kepada Dosen Otomotif atau Tim PKM dari UNM yang telah memberikan pelatihan Diagnosa Motor Injeksi dan memberikan alat Multitester Motor Injeksi. Pengetahun dan keterampilan Diagnosa motor injeksi serta alat multitester memang kami butuhkan untuk kelacaran dan keberlanjutan usaha bengekel kami. Karena hampir semua motor kelauaran baru adalah motor injeksi namun jika ada kendala yang berkaitan dengan kelistrikan mesin dan injeksi jarang ada bengkel yang mengetahuinya. Maka kami berharap terus diberikan pendampingan oleh Dosen dan Mahasiswa Otomotif agar pegetahuan yang kami miliki sesuai dengan perkembagan teknologi yang ada” (kata Yudi Saputra, Sabtu 04 September 2021).