Keterampilan Remaja Produktif di Kabupaten Barru

Pancana – Barru. Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif FT UNM melalui Pengabdian Masyarakat Terpadu oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Makassar kembali menyelenggarakan pelatihan kepada Kelompok Remaja Putus Sekolah di Kabupaten Barru pada tahun 2021.

Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan keterampilan kepada remaja yang putus sekolah agar memiliki keterampilan untuk berwirausaha khususnya bengkel sepeda motor. Pembukaan Kegiatan dilaksanakan di balai desa Pancana Kecamatan Taneterilau, pada pembukaan kegiatan tersebut dihadiri oleh bapak Camat Taneterilau Akmaluddin, S.STP, M.Si, Kades Pancana M. Idris T, dan beberapa Kepala Sekolah.

Dalam sambutannya, Ketua LP2M UNM, Prof. Dr. Ir. H. Bakhrani A. Rauf, M.T. menyampaikan melalui kegiatan PPM terpadu tahun ini akan memberikan keterampilan remaja putus sekolah dalam mengservis sepeda motor agar nantinya memiliki peluang usaha jasa bengkel.

Selain itu, Prof Bakhrani juga melaporkan bahwa untuk masyarakat setempat diberikan pembekalan keterampilan servis motor katinting, kaligrafi, literasi digital, peningkatan hasil pertanian, senam kebugaran dalam pandemi covid-19, merias wajah, dan pembuatan kue-kue untuk bisa di produksi sebagai tambahan dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga.

Sementara, Rektor UNM, Prof. Husain Syam dalam sambutannya mengatakan bahwa PPM Terpadu merupakan komitmen pemerintah dan perguruan tinggi untuk pengembangan kompetensi masyarakat dan guru-guru di daerah.

Hal ini dibuktikan, kata guru besar dibidang pertanian itu, sebagai wujud apresiasi yang positif dari pemerintah setempat di Kabupaten Barru, Kepala Sekolah dan para guru-guru. Maka dari itu, ia berharap bahwa PPM terpadu ini dapat dilanjutkan secara berkesinambungan.

“Apa yang dilakukan para dosen dalam pengabdian kepada masyarakat agar benar-benar bisa memberikan perhatian khusus kepada masyarakat tentang kebutuhan apa yang sangat mendasar dalam mensejahterakan keluarganya, karena UNM selalu hadir sebagai kampus terbaik di Indonesia Timur,” ujarnya.

Usai kegiatan tersebut, dibagikan sertifikat kepada masing-masing peserta. Kehadiran Rektor UNM, Prof.Dr.Ir. H. Husain Syam, M.TP, IPU, ASEAN, Eng juga sebagai bukti kepeduliannya terhadap Tri Dharma Perguruan Tinggi (pengajaran, Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat).

Ucapan terima kasih disampaikan oleh kepala sekolah dan perwakilan peserta kepada tim pengabdi dari LP2M khususnya Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif yang telah memberikan keterampian dalam menservis sepeda motor, sehingga remaja putus sekolah dapat membuka usaha dalam bentuk jasa perbaikan sepeda motor.