HMO FT-UNM berhasil lolos Pendanaan PHP2D Tahun 2021, Tim Biogas Biofertelizer Siap Mengabdi, Mengembangkan dan Membina Desa Laikang Menjadi Desa Mandiri Energi dan Ketahanan Pangan.

 

Pembelajaran abad 21 di perguruan tinggi harus mampu menumbuhkan dan mengembangkan soft skills dan hard skills mahasiswa sebagai agen of change di masyarakat. Sehubungan dengan itu Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa), Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, KEMDIKBUDRISTEK memberi kesempatan kepada para mahasiswa untuk terjun membangun desa, melalui Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D). Program ini diharapkan memberikan  manfaat positif untuk memajukan desa dan sekaligus implementasi kompetensi mahasiswa di masyarakat. PHP2D juga merupakan salah satu Program Kampus Merdeka yang diinisisasi KEMDIKBUDRISTEK yang memberikan kesempatan kepada organisasi kemahasiswaan kampus di seluruh Indonesia untuk berkompetisi mengajukan proposal kegiatan untuk pendanaan tahun 2021. Sebanyak 563 proposal dari 1755 proposal dinyatakan lolos pendanaan PHP2D tahun 2021 yang melewati berbagai tahapan Seleksi antara lain seleksi administrasi, seleksi subtansi dan presentasi program bagi tim yang lolos tahap substansi.

Universitas Negeri Makassar (UNM) meloloskan 2 tim dari 23 proposal yang diajukan dari berbagai fakultas yang ada di UNM. Tim PHP2D HMO FT-UNM yang diketuai oleh Sahrul Alam, mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Angkatan 2018, menjadi salah satu tim yang lolos menerima pendanaan PHP2D tahun 2021 dengan judul “Pemberdayaan Masyarakat Desa Laikang Berbasis Pemanfaatan Limbah Kotoran Ternak Menjadi Biogas dan Bio fertilizer  Untuk Mendukung Program Energi Terbarukan dan Ketahanan Pangan” dibimbing oleh Dr. Moh. Ahsan S. Mandra, ST., MT., yang merupakan dosen pada Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif UNM.

Sahrul Alam, menyatakan bahwa timnya tidak menyangka dapat lolos pendanaan tahun ini karena ketatnya persaingan diantara perguruan tinggi dan banyaknya organisasi mahasiswa pengusul. Olehnya itu Sahrul dan Tim merasa sangat bersyukur atas lolosnya Tim PHP2D HMO FT-UNM serta mengucapkan terima kasih kepada pihak KEMENDIKBUDRISTEK yang telah memberikan kepercayaan kepada Tim PHP2D HMO FT UNM untuk berkontribusi langsung menyelesaikan permasalahan sekaligus memberdayakan masyarakat untuk memanfaatkan potensi yang ada di Desa Laikang. Ucapan terima kasih juga kepada jajaran Pimpinan Universitas Negeri Makassar, Pimpinan  Fakultas Teknik, Keluarga Besar Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif dan Khusunya dosen pembimbing yang telah banyak membantu, menyemangati, memberikan petunjuk dan memfasilitasi dalam rangkaian seleksi PHP2D di UNM.

Lebih lanjut Dr. Moh. Ahsan S. Mandra, ST., MT. sebagai dosen pembimbing berharap agar kegiatan ini betul-betul dapat menjadi wadah sinergi dan kolaborasi antara perguruan tinggi dan masyarakat desa. Selain itu juga menjadi ajang bagi mahasiswa untuk mengasah kompetensi yang didapatkan di kampus untuk diimplementasikan ke masyarakat luas sehingga melatih mahasiswa untuk menjadi bagian dari solusi permasalahan bangsa ini ke depan. Program yang akan dilakukan oleh mahasiswa PTO ini diharapkan menjadi salah satu program unggulan desa dan menjadi pemicu peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat serta mendukung program pembangunan rendah karbon  untuk pencapaian tujuan SDGs desa. Semoga dalam implementasi program ini segala rangkaian kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Desa Laikang khususnya dalam pemanfaatan limbah kotoran ternak menjadi biogas dan biofertilizer untuk mendukung program energi terbarukan dan ketahanan pangan.

Kegiatan PHP2D ini dijadwalkan dimulai bulan Juli hingga bulan Desember tahun 2021, dengan rangkaian kegiatan antara lain: Launching Kegiatan PHP2D HMO-FT UNM, penyuluhan dan edukasi kepada masyarakat, pelatihan dan pendampingan pengelolaan lingkungan berkelanjutan, pelatihan dan pendampingan pembuatan digester biogas dan perawatannya, pemanfaatan pupuk organik dari ampas biogas (slurry) serta  pengaplikasian pupuk organik pada lahan atau kebun percontohan milik masyarakat di Desa Laikang.