Wajah Baru “Gerbong Mahasiswa” PTO T.A. 2020/2021

EJ201. Hari ini 11/9/2020 ada yang berbeda di Fakultas Teknik, aktivitas akademik yang relatif tenang akibat penerapan Work From Home dan Study from Home dimasa pandemic Covid-19 menjadi lebih sibuk dan ramai. Penyebabnya adalah antusiasme pelaksanaan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun Akademik 2020/2021 . Memasuki hari ke-2 yang dilaksanakan di tingkat fakultas setelah sehari sebelumnya dilaksanakan di Ballroom Gedung Pinisi UNM tingkat universitas, kegiatan PKKMB di Fakutas Teknik dibuka langsung oleh Bapak Rektor UNM Prof. Dr. H. Husain Syam, M.TP. yang didampingi oleh Wakil Rektor dan Dekan Fakultas Teknik beserta segenap jajarannya dihadapan mahasiswa baru perwakilan dari masing-masing Jurusan atau Program Studi se-Fakultas Teknik.     

Hingga selesai Shalaat Jumat di Aula Gedung Dekanat Fakultas Teknik,  rangkaian kegiatan PKKMB masih berlanjut di tingkat Jurusan/Program Studi masing-masing. Pendidikan Teknik Otomotif (PTO) sendiri, melaksanakan PKKMB secara daring (Virtual Conference) dan luring. Total mahasiswa baru di Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif sebanyak 65 Orang yang terbagi menjadi 3 (Tiga) rombongan belajar yakni 2 (dua) kelas untuk Program Strata I,  dan 1 (satu) kelas untuk program Diploma IV (sarjana terapan). Yang menarik adalah maskulinitas PTO yang menjadi ciri khasnya mulai “terusik” oleh insan-insan feminin dari mahasiswa baru tersebut, tak ayal terdapat 11 Orang perempuan yang menjadi mahasiswi baru di PTO. Ini dinilai merupakan capaian yang unik mengingat ditahun-tahun sebelumnya jumlah peminat dan pendaftar mahasiswa baru di PTO masih sangat minim.

Dalam arahannya Bapak Dekan Fakultas Teknik Prof. Dr. H. Muhammad Yahya, M.Kes., M.Eng. saat memantau pelaksanaan PKKMB bersama Wakil Dekan I dan III di Jurusan PTO, menekan kan pada Maba PTO bahwa “Pentingnya fokus belajar dan menyelesaikan kuliah tepat waktu, karena hal itu didukung  oleh SDM yang dimiliki oleh PTO sudah sangat mumpuni. Setidaknya terdapat 6 Orang Professor, 12 Orang Doktor, dan 6 Orang Magister, sehingga PTO tercatat sebagai Jurusan yang memilik Dosen berkualifikasi Professor terbanyak di Fakultas Teknik”. ujar Guru Besar yang juga milik Jurusan PTO.

Pada kesempatan Virtual Conference itu pula, Ketua Jurusan PTO Bapak Dr. Syafiuddin Parenrengi, M.Pd. dan Sekretaris Jurusan Bapak Zulhaji, S.Pd., M.Pd. memperkenalkan segenap Dosen Pengajar lingkup Jurusan PTO secara bergantian, seraya memberikan sambutan “Demi mendukung proses akademik dan menunjang keberlangsungan pembelajaran mahasiswa, pihak jurusan akan membantu mahasiswa yang memiliki nilai atau IPK yang baik untuk diusulkan mendapatkan berbagai program beasiswa nantinya”.

Harapan, motivasi, dan doa dilontarkan oleh Dosen lingkup Jurusan PTO saat menyapa MABA Jurusan PTO secara daring “selamat datang ananda/adik sekalian, semoga menjadi bagian dari Jurusan PTO dapat mengantarkan kalian meraih gelar akademik yang diinginkan secara baik dan tepat waktu seperti harapan dari orang tua, keluarga, dan kami sebagai Dosen pengajar itu sendiri”. Demikian kutipan sapaan dari salah satu Dosen Jurusan PTO.(AmTa)